Liverpool Bayar Kompensasi ke Feyenoord, Arne Slot Gantikan Jurgen Klopp
Pelatih Feyenoord Arne Slot. (X/@Feyenoord)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Feyenoord Arne Slot bakal pindah ke Inggris untuk menangani Liverpool. Dirinya menggantikan manajer Jurgen Klopp setelah Liverpool membayar kompensasi ke Feyenoord.

Slot menjadi pilihan Liverpool setelah gagal mendapatkan Xabi Alonso yang bertahan di Bayer Leverkusen. Begitu pula Ruben Amorim yang menolak meninggalkan Sporting Lisbon.

Setelah gagal menggaet salah satu di antara mereka, Liverpool kemudian membidik Roberto De Zerbi yang mengarsiteki Brighton and Hove Albion. Hanya tidak ada kejelasan dari De Zerbi yang juga dibidik Manchester United dan Barcelona.

Liverpool akhirnya beralih ke Belanda. Slot menjadi sosok yang sebelumya tak pernah masuk kandidat yang menggantikan Klopp.

Namun saat disebut sebagai calon manajer anyar Liverpool, dirinya langsung menjadi kandidat kuat. Apalagi, dirinya secara terbuka menyatakan keinginan menangani Liverpool.

Negosiasi perpindahan Slot pun tak menemui hambatan berarti. Meski menolak melepas Slot, namun Feyenoord tak keberatan bila klub yang ingin merekrut sang pelatih memenuhi kompensasi.

Liverpool pun bersedia membayar kompensasi sebesar 9,4 juta poundsterling atau sekira 190 miliar rupiah.

Kompensasi Feyenoord sebesar 7,7 juta poundsterling ditambah bonus 1,7 juta poundsterling. Kedua belah pihak mencapai kesepakatan kompensasi pada Jumat, 26 April 2024.

Liverpool juga membawa sebagian asisten Slot, Sipke Hulshoff, yang saat ini juga menjadi asistn pelatih tim nasional Belanda Ronald Koeman, pelatih fitnes Ruben Peeters yang bertanggung jawab soal kondisi pemain di Feyenoord dan bagian analis Etienne Reijnen.

Klopp sendiri mengakhiri pekerjaan selama sembilan tahun di Liverpool. Dirinya membawa The Reds memenangi Liga Champions 2019. Musim berikutnya, Liverpool menjadi juara Premier League Inggris.

Keputusan Liverpool merekrut Slot mendapat dukungan penuh dari Klopp. Apalagi, Slot yang membawa Feyenoord juara Eedivisie Belanda 2023 dan Piala KNVB 2024 ini memiliki filosofi bermain seperti Klopp.

"Saya tidak terlibat dalam proses pemilihan. Tetapi saya hanya ingin klarifikasi saja. Saya senang mendengar dia sangat menginginkan jabatan itu. Jelas, saya suka dengan cara tim dia bermain," kata Klopp.

"Saya sesungguhnya tidak mengenal dia. Tetapi banyak yang memberi informasi bahwa dia sosok yang sangat baik. Saya senang dia bergabung karena ini pekerjaan terbaik di dunia di klub terbaik di dunia," ujarnya.

Kompetisi Belanda akan berakhir pada pertengahan Mei 2024. Usai kompetisi Slot yang pernah menolak tawaran Leeds United dan Tottenham Hotspur ini bakal langsung ke Liverpool.